Uji Validitas

Uji Validitas

Kamis, 13 Agustus 2009 13:03

validitasValiditas menunjukkan sejauh mana suatu alat pengukur dapat mengukur apa yang ingin diukur (Singarimbun, 1995). Apabila dalam penelitian digunakan kuesioner sebagai alat pengukur, maka pernyataan-pernyataan di dalamnya harus benar-benar mengukur variabel yang akan diukur. Dalam penelitian ini, uji validitas yang digunakan adalah validitas internal yang merupakan bagian dari validitas konstrak.

Validitas ini merupakan tipe validitas yang paling baik daripada tipe validitas lainnya. Hal ini dikarenakan validitas konstrak tidak hanya mempertanyakan uji validitasnya saja tetapi juga mempertanyakan teori dan konsep yang melatarbelakangi suatu pengujiannya.Uji validitas internal ini dilakukan dengan cara mengujicobakan terlebih dahulu instrumen ke sejumlah responden yang merupakan bagian dari populasi penelitian melalui penelitian pendahuluan . Dengan demikian karakteristik dari sampel uji coba tersebut diharapkan akan sama dengankarakteristik sampel penelitian yang sebenarnya.Uji validitas ini dilakukan dengan menghitung korelasi antara masingmasing pernyataan dengan skor total melalui teknik correlation product moment. Prosesnya adalah dengan mengkorelasikan total skor jawaban seluruh responden dari masing-masing item pernyataan dengan total skor seluruh responden dari seluruh item pernyataan.Angka korelasi

Rumus Korelasi Pearson

Kemudian, angka korelasi yang diperoleh harus dibandingkan dengan tabel angka kritis nilai r dengan derajat bebas n-2 dan taraf signifikansi 5%. Apabila nilai r XY > r tabel, item pernyataan tersebut dikatakan valid. Dan sebaliknya, bila nilai r XY < r tabel, item tersebut dikatakan tidak valid sehingga item tersebut tidak disertakan dalam instrumen penelitian yang sebenarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: