Sejarawan Statistika

Blaise Pascal

Blaise Pascal (1623-1662) berasal dari Perancis. Minat utamanya ialah filsafat dan agama, sedangkan hobinya yang lain adalah matematika dan geometri proyektif. Bersama dengan Pierre de Fermat menemukan teori tentang probabilitas. Pada awalnya minat riset dari Pascal lebih banyak pada bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan, di mana dia telah berhasil menciptakan mesin penghitung yang dikenal pertama kali. Mesin itu hanya dapat menghitung.

Johann Carl Friedrich Gauss

Johann Carl Friedrich Gauß (juga dieja G.auss) (lahir di Braunschweig, 30 April 1777– meninggal di Göttingen, 23 Februari 1855 pada umur 77 tahun) adalah matematikawan, astronom, dan fisikawan Jerman yang memberikan beragam kontribusi; ia dipandang sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa selain Archimedes dan Isaac Newton.

John Wilder Tukey

Minggu, 16 Agustus 2009 15:24Ralph H Tukey dan Adah M Tukey orang tua Tukey tahu bahwa Tukey itu mempunyai potensi besar semasa ia masih kecil. Sehingga mereka mendidik Tukey di rumah bukan di (dalam) sekolah. Hal ini mungkin disebabkan karena sewaktu orang tuanya sekolah menengah, para guru mengajarkan dengan cara yang klasik. Di rumah Tukey dididik oleh ibunya. Di Massachusetts pada waktu itu. guru perempuan yang sudah menikah dilarang bekerja full time. Tukey juga memanfaatkan perpustakan umum yang lengkap di New Bedford yang lengkap dengan jurnal seperti Journal of the American Chemical Society dan Transaksi Transactions of the American Mathematical Society.

Kolmogorov

KolmogorovKolmogorov dilahirkan tanggal 25 April 1903 di kota Tombov. Ibunya Mariya Yakovlevna Kolmogorova  meninggal setelah melahirkannya, sehingga sejak kecil dia diasuh oleh kakak perempuannya Vera Yakovlevna Kolmogorova. Sebelum menjadi mahasiswa di universitas Moscow jurusan matematika, dia sudah bekerja menjadi kondektur kereta api. Pada tahun 1942 kolmogorov menikahi Anna Dmitriyevna Egorov, dari pernikahan ini dia tidak memiliki keturunan. Kolmogorov masuk universitas Moscow pada tahun 1920 dan lulus pada tahun 1925. Pada tahun 1929 dia mendapat gelar Ph.D dan gelar professor universitas  Moscow Ia memulai perhatiannya pada teori probabilitas di tahun 1924, langkah awalnya adalah dengan bergabung bersama A.Y.Khinchin. Di tahun 1928, ia menemukan suatu hokum dan kondisi yang kuat untuk membuktikan hokum logaritma tentang penjumlahan variable random independent pada kondisi-kondisi yang sangat umum.

Henry Scheffe

Orang tua Scheffé adalah orang Jerman, tetapi telah pindah ke Amerika Serikat dan tinggal di New York. Bapaknya adalah seorang tukang roti, tetapi kemudian hilang pekerjaannya dan kemudian terpaksa menjual buah apel di sudut jalan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dari kelaparan. Matematika bukanlah suatu hal pertama yang menarik perhatian Scheffé. Dia mulai aktif bekerja sebagai seorang insinyur. Scheffe pergi ke universitas untuk belajar matematika dan mengambil suatu kursus matematika murni di Universitas Wisconsin, dan menerima gelar  BA tahun 1931.

Poisson

Minggu, 16 Agustus 2009 15:08Siméon Denis Poisson, dilahirkan di Pithiers pada tanggal 21 Juni 1781. poisson terkenal karena penerapan ilmu matematikanya dalam mekanika dan fisika. Ayahnya merupakan seorang prajurit biasa dan ketika ayahnya pension, beliau diberi sebuah jabatan adaministratif di desa kelahirannya. Ketika gerakan revolusi pecah, ayahnya tampil untuk memangku jabatan pemerintahan di daerah tersebut dan menjadi seseorang dengan banyak kepentingan. Poisson yang masih kecil dititipkan pada seorang perawat. Poisson dididik oleh ayahnya dan diarahkan untuk menjadi seorang dokter. Pamannya menawarkan diri unutk mengajari dia ilmu bedah.

Bernoulli Bersaudara

johann bernoulliAhli matematik Swiss ( juga dikenal sebagai Jean Iatau Johann I) bapak dari Daniel Bernoulli dan saudara Jakob Bernoulli. Dengan saudaranya Jakob, Johann Bernoulli memperkenalkan kalkulus yang paling utama ( terkecuali Newton dan Leibniz). Meskipun begitu, Johann dan Jakob dua mempunyai argumentasi pahit tentang mutu dari tiap pekerjaan lain. Johann instruksikan l’Hospital, yang kemudian menyatukan salah satu hasil Johannnya di dalam suatu buku yang ia tulis. Yang sekarang dikenal sebagai aturan l’Hospital’. Johann Bernoulli menikah dengan Drothea Falkner dan mempunyai bernama Nicolaus, Danie, Johann (II).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: