ANKEP “Karpov vs IBM”

KARPOV      VS       IBM

Video Comment :

  • Pertandingan catur yang mungkin akan terus diingat sepanjang sejarah. Pertarungan Garry Kasparov vs Deep Blue menunjukkan siapa yang lebih pintar, manusia atau komputer.karena di sanalah untuk kali pertama komputer mampu menaklukkan juara dunia dalam sebuah pertandingan.
  • Kasparov mulai serius mempelajari catur sejak usia dini, Ia memiliki ELO rating tertinggi dengan nilai 2804 setelah sebelumnya sempat mencapai 2851 pada tahun 1991, salah satu contoh nyata bahwa fokus pada satu hal dan secara konsisten, lebih baik daripada melakukan banyak hal namun setengah-setengah.
  • Kasparov menyebut kalau dirinya merasa Deep Blue memiliki kecerdasan “yang berbeda” serta punya kreativitas dalam variasi gerakan yang mengarah pada kecurigaan akan adanya intervensi manusia. Tuduhan yang kemudian dibantah IBM. Hal ini mingkin disebabkan karena Deep Blue sebenarnya adalah gabungan rekaman-rekaman pertandingan manusia dengan mengambil probabilitas tertinggi dalam mengambil keputusan .
  • Pertandingan pertama digelar pada Bulan Februari 1996 di Philadelphia, Pennsylvania. Kalah di game pertama, Kasparov mencuri game kedua untuk kemudian meraih hasil imbang di dua game berikutnya. Kasparov  akhirnya mengungguli Deep Blue usai memetik kemenangan di dua game terakhir dan keluar sebagai pemenang dengan skor 4–2. Secara teknis, kapasitas Deep Blue jauh lebih unggul (lihat tabel). Para ahli mengatakan bahwa ada satu hal yang tidak dipunyai oleh komputer, yaitu ”intuisi”.
  • Rematch laga tersebut terjadi sebulan berselang. Meski memetik kemenangan di game pertama, Kasparov di akhir pertandingan harus mengakui keunggulan Deep Blue dengan 3 1/2 -2 1/2. Terlihat bahwa computer yang canggih kadang bisa mengalahkan manusia dalam hal tertentu
  • Kasparov sebelumnya juga mengeluhkan tindakan IBM yang tidak memperbolehkannya menyaksikan rekaman pertandingan Deep Blue. Padahal tim pembentuk Deep Blue mempelajari ratusan pertandingan yang sudah dijalani Kasparov. Sangatlah tidak fair karena pihak IBM lebih diuntungkan.
  • Deep Blue saat ini sudah “dipensiunkan” dan dipajang di Museum Nasional Sejarah Amerika, Komputer ini adalah Komputer tercanggih pada zamannya, namun IBM menolak tanding ulang, padahal bisa jadi terdapat kekurangan-kekurangan yang bisa diketahui di kemudian hari.
  • Tidak mungkin ciptaan manusia bisa menyamai ciptaan-NYA yang sempurna, dialah yang maha di atas segalanya, wallahu ‘alam bissawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: